Sabtu, 01 Januari 2011

RENUNGKAN HIDUP KITA

Sebarkan Tulisan ini :
Lupa dengan berbagai aktifitas hidup kita sehari-hari tak terasa kita lalui detik demi detik menit ke menit jam demi jam hingga tahun berganti tahun kini kita telah melewati bulan yang agung yg penuh berkah. Tiada yang tahu apakah yg akan datang ini akan menjumpainya lagi atau tidak. 


Dengan berganti tahun maka semakin bertambah umur kita akan tetapi sesungguhnya semakin berkurang jatah hidup kita di dunia. Dari seolah kita menatap pada ujung usia dan merasakan langkah demi langkah kita tiap detik menuju ke sana kita rasakan dalam getaran hati dan jiwa ini sungguh semakin dekat seakan ajal menyongsong. 



Lalu apakah yang telah kita perbuat selama ini dihadapan Allah. Sudah siapkah kita jika sewaktu-waktu Allah mengambil kita. Orang yang cerdik adalah orang yang berjuang keras mempergunakan umurnya degan berbakti kepada Allah SWT. Tiada jalan lain selain mengisi umur kita dengan berbagai macam kebaikan dan kemuliaan. Dengan demikian kita telah menempuh hidup atau mengisi usia ini dgn tidak sia-sia. Agama ini menganjurkan agar hidup kita di hari ini lebih baik daripada kemarin. Jika tidak demikian maka kita termasuk orang yg merugi . 



Umur atau usia jatah kita adalah bekal kita. Siapa yang menyia-nyiakannya maka sia-sialah hidupnya. Dan kelak dapat menemuinya hasil-hasil apa yang telah disia-siakan selama hidupnya. Keyakinan degan membenarkan sebenar-benarnya akan tugas hidup akan datang dan di saat kedatangannya itu tiada berguna karena sudah berlalu masanya. Selanjutnya hadapilah keadaan hidup yang tiada batas akhirnya nan abadi degan imbalan setimpal sesuai hasil yang diperolehnya tatkala itu. Oleh karena itu tidak sepantasnya kita sebagai seorang Muslim yang beriman menyambut tiap pergantian tahun dengan hura-hura apalagi pesta pora. Seharusnya kita merayakannya dgn introspeksi diri bertaubat kemudian berbenah diri. Adapun rasa kegembiraan sebagai sifat dasar yg umum sebagai manusia maka cukuplah degan mengungkapkan kegembiraan yg tidak berlebihan. 



Allah SWT berfirman :



“Wahai orang-orang yg beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah tiap diri memperhatikan apa yg telah diperbuatnya utk hari esok dan bertakwalah kepada Allah sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yg kamu kerjakan.” (QS Al-Hasyr [59]: 18).



Ajal adalah urusan ghaib. Tidak ada yang tahu kapan kita akan mati. Maka jika kita telah mati maka habislah riwayatmu di dunia dan mulailah riwayatmu kini dengan kehidupan baru. “Dan jika sekiranya kamu melihat orang-orang yg berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya ‘Ya Tuhan kami kami telah melihat dan mendengar maka kembalikanlah kami kami akan mengerjakan amal saleh sesungguhnya kami adalah orang-orang yg yakin’.” .



Semoga Allah melindungi orang-orang yg beriman dan bertakwa kepada-Nya dengan terhindar dari yang demikian itu. Dan semoga kita tergolong orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT amin. 



Selamat tinggal kehinaan keburukan dan kedzaliman di masa yang lalu. Mari kita mulai melangkah yang lebih baik lagi dengan tidak lupa berdo’a mengharap pertolongan dan petunjuk serta ridho dan kasih sayang-Nya. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan orang-orang yg berharap dan berdo’a kepada-Nya.


Kunjungi link pendidikan kami:
www.siswakucerdas.blogspot.com
www.mayaspib.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar